Home /  Berita
Lestarikan Local Wisdoms, Upaya Efektif Dukung Kerukunan Antarumat Beragama PDF Print Email

Gorontalo,02/04 (Puslitbang 1) - Pemerintah daerah dan para pemuka agama baik pusat maupun daerah, diminta untuk memelihara kerukunan antarumat beragama, salah satunya dengan menggali dan melestarikan berbagai unsur kearifan lokal (local wisdoms), di samping norma dan adat istiadat. Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plh. Kepala Puslitbang Kehidupan Keagamaan Dr. Imam Tholkhah, MA dalam acara pembukaan Dialog/Diskusi Pengembangan Wawasan Multikultural Antar Pemuka Agama Pusat dan Daerah Provinsi Gorontalo di Hotel Quality Gorontalo, Senin 2 April 2012.

 
Keanekaragaman Masyarakat, Potensi Indonesia Menjadi Negara Tangguh PDF Print Email

Padang, 21/03 (Puslitbang 1) - Keanekaragaman masyarakat Indonesia yang terdiri dari suku, bahasa dan agama yang berbeda merupakan suatu potensi besar yang bisa mengantarkan Indonesia menjadi negara yang tangguh atau juga bisa menjadikan Indonesia sebagai suatu negara terbelakang yang penuh dengan konflik. Potensi konflik akan selalu terbuka luas jika berbagai kebhinekaan tersebut tidak dapat tertata dengan baik. Konflik horizontal maupun vertikal akan selalu menjadi ancaman bagi Indonesia untuk dapat menjadi negara yang maju.

 
Satukan Visi dan Misi dalam Rangka Peningkatan Kualitas Umat Islam PDF Print Email

Palembang, 10/03 (Puslitbang 1) -- Dialog Pengembangan Wawasan Multikultural Intern Pemuka Agama Islam Pusat dan Pemuka Agama Daerah pada tahun ini dilaksanakan oleh Puslitbang Kehidupan Keagamaan di Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di Kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin. Rangkaian kegiatan dilaksanakan dari tanggal 6–10 Maret 2012, terdiri dari sesi dialog/diskusi serta kunjungan ke 6 masjid yakni masjid yang memiliki latar belakang sejarah dan masjid yang telah berhasil mengembangkan aktivitas ekonomi.

 
Kapuslitbang : Kembangkan Dakwah Bertema Dialog Dan Perdamaian PDF Print Email

Terminologi dakwah secara letterlijk secara umum dimaknai memiliki konotasi yang agresif dan sinonim dengan kata missonaris dalam terminologi agama lain. Untuk konteks kerukunan umat beragama, terminologi itu berikut gerakannya menjadi penting untuk diteliti secara mendalam. Dalam konteks itulah kemudian Kemenag dalam hal ini Puslitbang Kehidupan Keagamaan mengadakan penelitian tentang Studi Gerakan Dakwah dikalangan umat Islam untuk dalam rangka melacak potensi konflik dan integrasi yang terkait di dalamnya.

 
Penguatan Kedamaian Di Daerah Wisata, Pulau Dewata Yang Damai PDF Print Email

Bukan impian tetapi kenyataan. Bali, daerah wisata dunia yang dikenal aman dan damai, dijuluki pula dengan pulau Dewata yang penduduknya heterogen mayoritas Hindu itu, seakan dikejutkan oleh penyelenggaraan kegiatan Kajian Penyadaran dan Pendampingan dalam Penguatan Kedamaian Melalui Pendekatan  Riset Aksi Partisipasi (Participatory Action Research). Kegiatan yang sangat penting tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Bali Drs. IGAK Suthayasa, M.Si di Hotel Geria  Agung Mahajaya, Badung pada tanggal 14 Oktober 2011 yang lalu.

 
<< Start < Prev 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Copyright © 2024. Puslitbang Kehidupan Keagamaan.