Home /  Berita
Februari, Litbang Kemenag Survei Pelayanan Haji PDF Print Email

JAKARTA (Suara Karya): Pada Februari 2011, Pusat Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kehidupan Keagamaan Balitbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag) berencana akan kembali menggelar penelitian tentang kualitas pelayanan haji.

 Hal itu dikemukakan Kapus Litbang Kehidupan Keagamaan Kemenag Abdurrahman Mas'ud dan Ketua Tim Penelitian Pelayanan Haji Kemenag Mukhtar Ilyas, yang didampingi peneliti Puslitbang Kemenag Imam S dan Sofyan pada acara paparan hasil penelitian kualitas pelayanan haji 2009, di Jakarta, 13 Desember 2010. Dalam acara itu, hadir Ketua Tim Pengawas Haji yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ahmad Zainuddin.

 
Menag Pentingkan Diversifikasi Dan Intensifikasi Sosialisasi Pbm PDF Print Email

Menteri Agama Suryadharma Ali menekankan pentingnya intensifikasi  dan diversifikasi sosialisasi PBM No. 9 dan 8 Tahun 2006 sebagai upaya mengenalkan substansi peraturan tersebut kepada masyarakat. Hal ini dikatatakan Menteri Agama saat membuka Semiloka Intensifikasi dan Diversifikasi Sosialisasi PBM No.9 dan 8 Tahun 2006 di Operation Room Kementerian Agama, Kamis, 9 Desember 2010.

Menteri menambahkan bahwa PBM  diterbitkan dalam rangka mewujudkan ketenteraman beragama dan ketertiban kehidupan bermasyarakat, yang di dalamnya diatur tiga pokok masalah, yaitu tugas kepala daerah/wakil kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, dan pendirian rumah ibadat.

 
Abdurrahman Mas'ud: Dialog Islam-Barat Sangat Penting PDF Print Email
Dunia Barat acap kali menganggap Islam sebagai agama teroris dan pelaku kekerasan. Pandangan ini muncul karena ulah sekelompok umat Islam yang melakukan perbuatan dengan mengatasnamakan agama. Akibatnya, muncul Islamofobia.

 "Faktor penyebab potret yang salah di antaranya karena dilandasi ideologi kebencian atau eksklusivisme yang sering disebut Eurosentrisme," ujar Prof Abdurrahman Mas'ud PhD, Guru Besar Budaya Islam dari IAIN Walisongo Semarang.


Berbagai dialog antara Islam-Barat, sering kali digelar untuk mencari solusi dalam mengatasi berbagai persoalan yang melingkupi perjalanan Islam dan Barat. "Dialog harus sering digelar untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Islam," ujarnya.

Bagaimana dan apa manfaat dari dialog antara Islam-Barat yang selama ini sering digelar. Apa indikasi keberhasilan dari dialog itu, bagaimana upaya Barack Obama dalam mencari simpati dunia Islam? Berikut penuturan Abdurrahman Mas'ud yang juga Kepala Pusat Litbang Kehidupan Keagamaan, Litbang Kemenag, kepada wartawan Republika. Nashih Nasrullah.

 
Masjid Memiliki Fungsi Yang Multi Dimensi PDF Print Email

Masjid memiliki fungsi yang multi dimensi bukan hanya untuk tempat beribadah mahdlah saja. Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Prof. DR. H. Abdul Djamil, MA (tengah) dalam sambutannya saat membuka acara Sosialisasi Program RTL (Rencana Tindak Lanjut) Pemberdayaan Umat melalui Masjid, kerjasama Puslitbang Kehidupan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat dengan Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia, Nampak pada gambar beliau didampingi oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) KH. Dr. Tarmizi Taher (kanan) dan Kepala Puslitbang Kehidupan Keagamaan Prof. H. Abd. Rahman Mas’ud (kiri) di Jakarta, Rabu (10/11).

 
Kemenag Siapkan Solusi Tangkal Radikalisme PDF Print Email

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Agama menyiapkan solusi ilmiah-akademis untuk menangkal maraknya perkembangan paham fundamentalisme, ekstremisme, dan radikalisme.

Demikian dikemukakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dan Pendidikan Pelatihan (Diklat) Kementerian Agama (Kemenag) Prof Dr Abdul Djamil, kepada pers di Jakarta, kemarin.

"Untuk mengatasi ekstremisme dan radikalisme, kami membuat sejumlah workshop mengenai budaya damai di kalangan pesantren. Kegiatan ini antara lain, membahas bagaimana melawan terorisme dan bagaimana melakukan deradikalisme," ujarnya.

 
<< Start < Prev 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 Next > End >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Copyright © 2024. Puslitbang Kehidupan Keagamaan.