HomeBeritaKUB /  Komunikasi Jadi Masalah Utama Kerukunan Beragama
Komunikasi Jadi Masalah Utama Kerukunan Beragama PDF Print Email

 Rombongan pemuka agama terdiri dari perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) dan Majelis Tinggi Agama Konghucu (Matakin).

 Sebelumnya rombongan sudah bersilaturrahmi ke vihara, masjid dan gereja di Batam dan Tanjungpinang. Dalam silaturrahmi itu juga Badan Litbang Kementerian Agama memberikan bantuan dana pada enam rumah ibadah di Kepulauan Riau untuk pembinaan umat masing-masing.

 Pada kegiatan yang ke-28 kalinya itu, menurut Mas'ud permasalahan komunikasi antara umat beragama begitu juga komunikasi pemerintah dengan umat beragama yang kurang intensif menjadi masalah dalam kerukunan.

 Karena kurangnya komunikasi, terjadi ketidaktahuan tentang agama lain akhirnya melahirkan ketidakpercayaan, tambah Mas'ud.

 "Tugas kita bersama untuk bersatu memecahkan persoalan, semakin sering kita berkomunikasi akan semakin baik," ujarnya.

 Sementara itu, menurutnya kerukunan beragama di Batam umumnya di Kepulauan Riau sudah bagus.

Bahkan sebelum ada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di daerah tersebut terlebih dulu ada forum musyawarah yang masih aktif sampai saat ini bahkan jauh lebih mengakar.

 
Copyright © 2024. Puslitbang Kehidupan Keagamaan.